Gaya Hidup

Cara Mencegah Cedera saat Berolahraga

“Yang paling baik adalah mengenali kemampuan tubuh sebelum berolahraga. Lalu melakukan pemanasan. Biasakan dengan streching sebelum memulai secara bertahap dengan melakukan variasi dalam melakukan latihan,” jelasnya.

Adapun penanganan dalam mengatasi cedera bisa dilakukan dengan metode RICE, yakni Rest (lakukan istirahat pada tubuh), Ice Packs (akukan selama 15-20 menit), Compress (lakukan pengompresan dengan plastik atau bahan yang elastis) dan Elevate (meninggikan pergelangan kaki diatas posisi jantung). Selain itu, bisa juga dilakukan pemeriksaan tambahan seperti, X-ray, CT-scan, MRI dan treatment yang tepat.

Dalam berolahraga, banyak cedera terjadi pada bagian atas tubuh seperti pada bahu. Hal ini dikarenakan bahu merupakan sendi yang geraknya paling bebas, namun sendi bahu adalah yang tidak stabil dan rentan mengalami cedera.

Perlu diketahui, ada beberapa jenis cedera yang kerap terjadi saat melakukan kegiatan, di antaranya benturan, dislokasi, strain, patah tulang, kram otot dan sengatan panas. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button