Gaya Hidup

Waspada, ini Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi di Dunia

Penyakit Jantung Koroner dapat di diagnosa melalui beberapa metode, di antaranya elektrokardiogram (EKG), ekokardiogram (Echo) dan USG jantung. Tindakan yang dapat dilakukan, yakni dengan pemasangan stent untuk memperlebar arteri koroner yang menyempit. Juga bisa dilakukan bedah koroner seperti operasi bypass jantung yang merupakan pengobatan yang paling umum untuk penyakit jantung koroner.

“Untuk mencegah PJK, itu mengatur pola makan sehat, berhenti merokok, hindari stres, kontrol hipertensi, kolesterol dan gula darah tinggi, lalu cegah obesitas, serta olahraga teratur,” sebutnya.

Disinggung mengenai adanya kasus henti jantung pada saat berolahraga, dr. Arief menjelaskan, henti jantung dimulai dari adanya timbunan lemak/plak yang menghambat aliran pembuluh darah danĀ  bisa lepas atau ikut terbawa aliran saat pacu jantung bekerja dengan berat, salah satunya melalui olahraga.

“Lakukanlah olahraga yang ringan dan santai seperti berlari/jalan santai atau joging selama diukur sesuai kemampuan dan jangan memaksakan jantung bekerja terlalu berat,” pungkasnya. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button