Headline

Gawat Vaksin Covid-19 Palsu Beredar, WHO Beri Peringatan

INDOPOSCO.ID – World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia merasa khawatir tentang potensi eksploitasi kriminal dari tingginya permintaan vaksin Covid-19 yang tidak terpenuhi, seraya memperingatkan soal peredaran vaksin palsu dan mendesak masyarakat agar tetap mengikuti program-program vaksinasi yang diadakan pemerintah.

Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Jumat (26/3/2021) mengatakan, beberapa Kementerian Kesehatan, otoritas pengatur nasional, dan organisasi pengadaan publik di seluruh dunia telah menerima tawaran mencurigakan untuk memasok vaksin Covid-19.

WHO menyadari vaksin telah diselewengkan dan dimasukkan kembali ke rantai pasokan tanpa adanya jaminan bahwa rantai dingin (cold chain) dijalankan dengan baik,” ujar Dr. Tedros, seraya menambahkan bahwa vaksin-vaksin palsu telah dijual di internet, terutama di situs gelap. Terdapat pula laporan yang menyebutkan bahwa sejumlah kelompok kriminal menggunakan kembali ampul vaksin kosong.

WHO juga mengeluarkan peringatan terkait vaksin Covid-19 palsu yang diidentifikasi sebagai BNT162b2, yang terdeteksi di Meksiko pada Februari 2021.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button