Nasional

Gawat! Setiap Tahun Orang Indonesia Buang Sampah 300 Kg

INDOPOSCO.ID – Wakil Sekretaris Lembaga Pemuliaan Lingkungan hidup (LPHPH) dan sumber daya Alam (SDA) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Parid Ridwanuddin mengatakan, fatwa membuang sampah sembarangan haram hukumnya. Fatwa tersebut tercantum dalam Fatwa MUI No. 41 tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah untuk Mencegah Kerusakan Lingkungan.

“Berdasarkan Fatwa MUI No. 41 Tahun 2014 bahwa membuang sampah sembarangan atau membuang barang yang masih bisa dimanfaatkan untuk kepentingan diri maupun orang lain hukumnya haram,” kata Parid Ridwanuddin dalam keterangan, Kamis (5/8/2021).

Ia mengatakan, data global terkait masalah limbah plastik berdampak dahsyat pada kerusakan lingkungan. Pada 2017 lalu, limbah plastik di lautan telah membunuh 1 juta burung laut, 100 ribu mamalia laut, kura-kura laut, dan ikan-ikan dalam jumlah besar, tiap tahun.

Bahkan, dikatakan Parid, masalah sampah di berbagai negara sangatlah besar. Di China sebesar 262,9 juta ton, Indonesia 187,2 juta ton, Filipina 83,4 juta ton, Vietnam 55,9 juta ton, dan Sri Lanka 14,6 juta ton.

“Berdasarkan riset dari Barilla Centre for Food and Nutrition, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penghasil sampah makanan terbesar di dunia,” bebernya.

Bahkan, menurut Parid, lembaga internasional yang berpusat di Italia telah mencatatkan, bahwa pada 2020 lalu, rata-rata orang Indonesia membuang 300 kg sampah makanan per tahun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button