Headline

Gawat, ASN Bilang Korupsi Semakin Buruk

INDOPOSCO.ID – Miris, korupsi di Indonesia saat ini semakin memburuk atau terus meningkat. Ini diungkapkan sendiri oleh mayoritas aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) dari 34 kementerian/lembaga (K/L) tingkat pusat dan pemerintah daerah (pemda). Demikian hasil penelitian Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait persepsi korupsi pada kalangan ASN/PNS di Indonesia yang diterbitkan di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

“Sekitar 34,6 persen (PNS) menjawab tingkat korupsi di Indonesia saat ini meningkat, sementara 33,9 persen menyatakan tidak ada perubahan, dan 25,4 persen mengatakan (korupsi di Indonesia) menurun,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Setidaknya, ada kurang lebih 915.504 ASN atau 22 persen dari keseluruhan jumlah PNS di Indonesia yang terpilih sebagai responden survei. ”Dengan demikian, kesimpulan atau temuan yang disampaikan oleh LSI dalam survei persepsi korupsi itu mewakili 22 persen jumlah PNS di Indonesia,” ujarnya.

Meskipun mayoritas PNS menyebut ada peningkatan korupsi di Indonesia, jumlahnya masih cukup rendah apabila dibandingkan dengan persepsi publik terhadap situasi korupsi di Indonesia.

“Secara umum, persepsi PNS terhadap situasi korupsi di Indonesia lebih positif dibandingkan dengan masyarakat umum maupun pelaku usaha dan pemuka opini (opinion maker),” tandas Djayadi.

Pasalnya, apabila mengacu pada hasil survei LSI terkait persepsi publik terhadap korupsi pada Desember 2020 sebanyak 56,4 persen dari total responden beranggapan rasuah di Indonesia meningkat. Tidak hanya itu, 58,3 persen pelaku usaha dan 57,6 persen pemuka opini, juga memiliki persepsi yang sama.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button