Nasional

Gaji Buruh di Bawah Rp3,5 Juta Terima BSU, Ini Penjelasan Menaker

INDOPOSCO.ID – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menuturkan, penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menyebabkan turunnya daya beli buruh.

Untuk membantu mereka, menurut Ida, pihaknya akan memberikan bantuan subsidi upah (BSU) bagi pekerja. “BSU yang kami usulkan ini merupakan program stimulus. Pekerja harus terdaftar dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Ida Fauziyah dalam acara daring, Rabu (21/7/2021).

Ia menyebut, pekerja penerima BSU masuk dalam kepesertaan BPJS TK aktif hingga Juni 2021. Penerima juga menerima upah di bawah Rp3,5 juta, dan dibuktikan oleh penerimaan upah terakhir.

“Pekerja di dalam PPKM dengan upah di atas Rp3,5 juta, maka menggunakan batas kriteria upah,” ungkapnya.

“BSU juga hanya akan diberikan pada pekerja di wilayah PPKM level 4 sesuai intruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri),” imbuhnya.

Ida mengatakan, sektor yang terdampak pada PPKM di antaranya: sektor perdagangan dan jasa, transpotasi, aneka industri dan properti. Mekanisme penyaluran diberikan kepada buruh sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan.

“BSU akan diberikan sekaligus (1 kali pencairan) sebesar Rp1 juta,” bebernya.

Agar tepat sasaran, menurut dia, pihaknya tengah melakukan validasi data dari BPJS TK. Data BPJS TK, dinilai valid dan akuntabel digunakan oleh pemerintah dalam memberikan subsidi upah. (nas)

Sponsored Content
Back to top button