Nasional

Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Amankan Milyaran Rupiah

INDOPOSCO.ID – Untuk mengoptimalkan pengawasan terhadap rokok ilegal, Bea Cukai terus berupaya menggagalkan peredarannya di berbagai daerah. Pada kesempatan ini, dilakukan empat penindakan atas rokok ilegal oleh di Kudus, Bojonegoro, dan Malang, serta operasi gabungan untuk meminimalisir peredaran rokok ilegal di Banyuwangi.

Kali ini Bea Cukai Kudus berhasil mengamankan minibus asal Kabupaten Jepara di jalan poros Kudus – Semarang, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak. Pada penindakan yang dilaksanakan Kamis (15/4) ini, Bea Cukai Kudus berhasil mengamankan rokok ilegal berjenis rokok sigaret kretek tangan (SKT) dan sigaret kretek mesin (SKM).

Jumlah rokok ilegal jenis SKT dengan merek “Mayapada” sejumlah 336 batang, dan jenis SKM dengan merek “Sekar Madu SMD” sejumlah 320.000 batang, yang seluruhnya ditemukan tanpa dilekati pita cukai. Perkiraan nilai barang mencapai Rp 326.474.000, dengan total potensi kerugian negara sebesar Rp 214.550.000.

“Modus yang dilakukan oleh N (40 tahun) adalah menyamarkan rokok ilegal yang siap edar dengan tulisan “Not For Sale” sebagai rokok sampel. Perlu diketahui semua rokok yang siap edar di Indonesia, wajib dilunasi dengan cara dilekati pita cukai, sehingga tidak terdapat isilah rokok sampel yang dikecualikan dari pelunasan cukai,” papar Wicaksono, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Bea Cukai Kudus.

Sementara itu, Bea Cukai Bojonegoro berhasil melakukan penegahan terhadap peredaran rokok ilegal di dua lokasi berbeda, yaitu di Kecamatan Plumpang dan Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button