Nasional

FTUI Kembangkan Termometer Otomatis untuk Deteksi Covid-19

INDOPOSCO.ID – Dosen dan peneliti dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), mengembangkan desain termometer otomatis berbasis sensor suhu infrared yang tidak memerlukan operator yang disebut dengan iThermowall (Infrared Thermometer on the Wall).

Kedua peneliti UI ini adalah Dr. Tomy Abuzairi dari Program Studi Teknik Elektro dan Nur Imaniati Sumantri, M. Biotech dari Program Studi Teknik Biomedik.

“Desain termometer ini dibuat menjadi open-source, dimana semua orang di mana pun di seluruh dunia, dapat mengakses file desain nya secara gratis,” kata Tomy Abuzairi dalam keterangannya, seperti dilansir Antara, Jumat (30/4/2021).

Di masa pandemi Covid-19, termometer gun atau termometer handheld biasa digunakan untuk memeriksa suhu tubuh. Termometer ini dioperasikan dengan cara mendekatkan sensor ke arah kepala atau tangan serta menekan tombol on pada termometer dan tampilan suhu akan terlihat oleh operator termometer.

Akan tetapi, menurut penelitian, termometer jenis ini sangat bergantung pada subyektifitas seorang operator termometer. Selain itu, operator termometer juga rentan tertular Covid-19 karena jarak yang dekat dengan orang yang diukur suhu tubuhnya.

Untuk mengatasi masalah ini, kedua peneliti kemudian mengembangkan iThermowall. iThermowall menggunakan sensor jarak untuk mendeteksi orang yang ada di depan termometer. Ketika jaraknya mencapai 5-10 cm, maka sensor akan mengkalkulasi suhu tubuh dan hasilnya ditampilkan di layar monitor.

“Termometer otomatis ini juga dirancang agar dapat di-charger ketika daya baterainya sudah habis,” ujar Tomi Abuzairi terkait desain iThermowall.

iThermowall dilengkapi dengan sensor jarak, sehingga ketika jarak orang yang ingin diukur suhunya sudah dekat, maka sensor suhu akan mulai mengukurnya. Termometer ini juga dilengkapi dengan LED hijau dan merah untuk memberi tahu suhu tubuh.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button