Headline

Final Piala Menpora Malam Ini, Duel Persija Vs Persib

INDOPOSCO.ID – Persija Jakarta dan Persib Bandung boleh saja menjadi dua tim terbaik di turnamen pramusim Piala Menpora 2021 dan berhak tampil di dua leg laga final pada 22 dan 25 April.

Namun, melihat hasil-hasil pertandingan dari fase grup, baik Persija maupun Persib sejatinya sama-sama dalam keadaan timpang.

Inilah yang membuat partai leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4) mulai pukul 20.30 WIB, sangat mungkin berakhir imbang.

Persija

Persija meluncur ke final dengan catatan buram di lini serang. Total, Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan memang menciptakan tujuh gol dalam enam pertandingan mulai penyisihan grup hingga semifinal Piala Menpora.

Namun, dari jumlah laga tersebut, Persija hanya mampu menorehkan gol pada tiga pertandingan saja. Rinciannya yakni saat menang 4-0 atas Borneo FC dan 2-1 dari Bhayangkara FC di Grup B serta satu gol pada babak perempat final kontra Barito Putera yang mereka menangkan 1-0.

Sisanya, Persija mandul. Awalnya, pada laga perdana grup, Persija takluk 0-2 dari PSM. Lalu, di dua leg semifinal, Persija bermain imbang 0-0 dengan PSM dan harus melewati adu penalti untuk mencapai final.

Kondisi tumpul sebelum berjumpa Persib tentu bukanlah hal yang bagus. Apalagi, kekuatan serang Persija sebenarnya tidak berubah sejak tahun 2018, saat mereka menjadi kampiun Liga 1 Indonesia 2018.

Sosok penyerang subur berkewarganegaraan Kroasia Marko Simic masih ada, juga sang pelari cepat Riko Simanjuntak. Lalu, ada tambahan tenaga baru sejak 2020 yaitu pencetak gol terbanyak di sepak bola putra SEA Games 2019 yaitu Osvaldo Haay.

Simic dan Osvaldo, yang masing-masing sudah membuat dua gol di Piala Menpora 2021, sepertinya belum menemukan performa terbaik. Riko pun demikian. Gebrakan-gebrakannya di sisi sayap baru menghasilkan dua assist.

Meski begitu, Persija masih mempunyai sesuatu yang dapat dibanggakan dan bisa saja menyulitkan Persib yaitu pertahanan.

Dari enam pertandingan yang sudah dilewati, skuad asuhan pelatih Sudirman cuma kebobolan tiga kali.

Setelah diacak-acak pemain PSM pada laga pertama Grup B, Sudirman mampu menyulap lini belakangnya menjadi tembok kokoh. Untuk laga kontra Persib, Persija pun dapat memainkan Marco Motta yang sebelumnya tak dapat berlaga lantaran dikartu merah.

Bukan itu saja, para gelandang di depan bek juga semakin padu membantu pertahanan. Di sana ada Tony Sucipto dan belakangan keberadaan pemain asal Nepal Rohit Chand bisa memberikan kontribusi positif

Situasi tersebut membuat Marc Klok semakin leluasa dalam mengatur serangan Persija. Klok sendiri untuk sementara mampu menorehkan satu gol dan dua assist di Piala Menpora.

Persib

Kebalikan dari Persija, Persib merupakan tim yang sangat subur di Piala Menpora 2021. Dari enam pertandingan sejak babak grup sampai semifinal, tim yang ditangani juru taktik Robert Alberts sanggup membuat 12 gol.

Persib bahkan memiliki dua pemain yang masuk jajaran ‘top scorer’ turnamen yaitu Ezra Walian dan Frets Butuan yang masing-masing sudah mengantongi tiga gol. Mereka berselisih satu gol dari pencetak gol terbanyak sementara Assanur ‘Torres’ Rijal (Persiraja).

Mesin gedor skuad ‘Maung Bandung’ disokong pula oleh penyerang Brazil, Wander Luiz yang sampai artikel ini diturunkan sudah menciptakan dua gol dan satu assist.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button