Gaya Hidup

Film Mouly Surya Dapat Subsidi Dari Prancis

INDOPOSCO.ID – Film terbaru sutradara Mouly Surya, “Perang Kota”, mendapatkan subsidi Aide aux cinémas du monde dari Kementerian Kebudayaan serta Kementerian Luar Negeri Prancis yang dikelola oleh Centre National du Cinéma etde l’Image Animée (CNC) dan Institut Français.

“Perang Kota” menjadi satu dari enam film yang memperoleh subsidi ini dari kategori sutradara profesional lebih dari dua film. “Perang Kota” diadaptasi dari novel sastra klasik Indonesia, “Jalan Tak Ada Ujung”, karya Mochtar Lubis, yang diterbitkan kali pertama pada tahun 1952.

Film ini menceritakan tentang Isa- seorang pahlawan perang impoten serta juga guru sekolah di Jakarta mencoba meraih kembali kejayaan lamanya untuk sejumlah uang dalam misi meledakan sebuah bioskop untuk membunuh seorang jenderal Belanda, sementara Belanda dan Inggris bekerja sama untuk menjajah Indonesia kembali sesudah Perang Dunia II.

“Ini menandai proyek kedua kami yang mendapat dukungan dari salah satu funding terpenting di industri film, Cinema du Monde. Dukungan ini akan memungkinkan keterlibatan teknisi serta professional film terbaik dari Prancis untuk bergabung dengan tim produksi kami,” tutur produser Rama Adi dalam siaran resmi seperti dikutip Antara, Sabtu (14/8/2021).

Subsidi ini diberikan melalui mitra co-produksi asal Prancis yakni Isabelle Glachant dari Shasha and Co Production, serta memiliki syarat 50 persennya harus dikeluarkan untuk jasa dari Prancis. Ini merupakan kerja sama co-produksi kedua antara Cinesurya dengan Shasha and Co Production, setelah sebelumnya sama-sama menggarap “Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak” pada 2017.

“Merupakan kegembiraan yang luar biasa untuk bekerja dengan Mouly di Marlina si Pembunuh Dalam Empat Babak, serta melihatnya menjadi film Indonesia pertama yang diputar di Director’ s Fortnight Cannes. Saya senang bisa kembali bergabung menjadi tim produser yang terlibat dalam proyek baru ini. Proyek film Perang Kota merupakan tantangan artistik serta produksi, tempat yang sempurna untuk bakat Mouly Surya,” ucap Isabelle Glachant.

Film “Marlina si Pembunuh Dalam Empat Babak” baru saja diumumkan masuk seleksi program khusus 10 film Asia terbaik oleh sutradara wanita dari Busan International Film Festival yang akan diselenggarakan pada Oktober tahun ini. Termasuk dalam daftar tersebut antara lain 2 nominasi Piala Oscar untuk film asing terbaik, “Salaam Boombay” (1988, India) dari sutradara Mira Nair, serta “Capernaum” (2018, Libanon) dari sutradara Nadnie Labaki.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button