Internasional

Filipina Kembali Protes Penangkapan Ikan Ilegal Oleh Tiongkok

INDOPOSCO.ID – Filipina kembali mengajukan protes diplomatik baru ke Tiongkok dan menuding negara tetangganya itu melakukan penangkapan ikan ilegal dan mengumpulkan lebih dari 240 kapal di perairan teritorialnya.

Kementerian Luar Negeri Filipina mengatakan bahwa dua protes telah diajukan, beberapa hari setelah Manila memanggil Duta Besar China Huang Xilian untuk mendesak penarikan kapal-kapal mereka di Whitsun Reef yang disengketakan di Laut China Selatan (LCS) dan zona maritim Filipina lainnya. Demikian dilansir Antara, Rabu (14/4/2021).

Filipina bulan lalu menggambarkan kehadiran lebih dari 200 kapal yang diyakini diawaki oleh milisi di dalam zona ekonomi eksklusif 322 kilometer telah “mengerumuni dan mengancam”. Sementara Amerika Serikat, Jepang, dan lainnya telah menyuarakan keprihatinan tentang niat Tiongkok itu hingga memicu teguran dari Beijing.

Dalam sebuah unggahan Twitter, Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin mengatakan bahwa kapal-kapal Tiongkok telah “memancing segala sesuatu di laut yang menjadi milik kami secara hukum.”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button