Nusantara

Festival ‘Rabab Pasisia’ Upaya Pemprov Sumbar Gaet Wisatawan

INDOPSOSCO.ID – Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat tak hanya dikenal dengan destinasi wisata Pantai Mandeh, songket dan kain tenunnya, namun juga kesenian musik tradisional rababnya yang menyerupai bentuk biola.

Sukses dengan Festival Langkisau, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus gencar mengenalkan potensi budaya dan pariwisatanya. Kali ini, melalui Festival Bahari dengan mengusung tema ‘Rabab Pasisia’. Event keren ini resmi dibuka Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, di Amphitheatre Sungai Nyalo, Kawasan Wisata Mandeh, Sabtu (7/8/2021).

Pembukaan Festival yang berlangsung selama 7-8 Agustus ini ditandai dengan membunyikan alat musik biola oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariansyah, dan Anggota DPRD Sumbar, Muhayatul. Demikian dikutip INDOPOSCO dari laman resmi sumbarprov.go.id.

Gubernur menyampaikan apresiasi atas terselenggara Festival Bahari Pesisir Selatan Rabab Pasisia ini. “Kita patut bangga kerena kesenian rabab ini merupakan salah satu kesenian khas Kabupaten Pesisir Selatan, dan tidak ada di tempat lain,” kata Mahyeldi yang juga mantan Wali Kota Padang ini.

Ia berharap, agar di Kabupaten Pesisir Selatan banyak event lain yang bisa digelar, terutama di Kawasan Wisata Terpadu Mandeh. Di antaranya seperti pacu sampan dan lomba jet ski.

Bahkan, Gubernur secara khusus akan mengundang pemenang Festival Bahari Rabab Pasisia ini ke Istana Gubernur untuk mengisi acara provinsi. “Nanti akan kita undang untuk langsung mengisi acara di Gubernuran,” ujarnya.

Sementara anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Muhayatul, menyebutkan tujuan digelar event Festival Bahari Rabab Pasisia, untuk mengembalikan memori masyarakat akan kesenian rabab yang sudah mulai hilang.

Muhayatul mengusulkan kepada Gubernur agar kesenian rabab dimasukkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah mulai dari SD hingga SMA.

“Tentu ini bagus dikenalkan kepada generasi muda agar kesenian ini tak punah, salah satunya dengan menjadikan ekstrakurikuler di sekolah,” tuturnya.

Kegiatan ini diikuti 20 orang perabab yang merupakan anggota Himpunan Seniman Babiola. Kegiatan ini untuk mengingatkan masyarakat kembali dan lebih memasyarakatkan Rabab sebagai Kebudayaan Daerah

Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariansyah, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan teristimewa kepada Anggota DPRD Provinsi Sumatera, Muhayatul yang telah mengalokasikan dana pokok pikiran (Pokir) untuk kegiatan Festival Bahari Rabab Pasisia di Pesisir Selatan.

“Saya harap kolaborasi program antara Pemerintah Sumatera Barat dan Kabupaten Pesisir Selatan terus terjalin guna mendorong upaya membangkitkan geliat kepariwisataan dan perekonomian masyarakat,” ujarnya. (yas)

Sponsored Content
Back to top button