Nasional

Evaluasi Kinerja Kakanwil BPN Provinsi Semester I Rampung Dilaksanakan

INDOPOSCO.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melaksanakan Evaluasi Kinerja Semester I Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi. Evaluasi ini diadakan sejak Kamis, 8 Juli 2021. USai semua Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi menyampaikan kinerjanya, pada Sabtu (17/7/2021), kegiatan yang dihelat secara daring ini resmi ditutup.

Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Reformasi Birokrasi, selaku Ketua Tim Evaluasi Kinerja Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Semester I, Gunawan Muhammad mengatakan, evaluasi ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui capaian kinerja para Kepala Kantor Wilayah BPN berikut jajarannya berdasarkan target-target yang telah ditentukan, mengetahui hambatan, kendala, dan masalah (HKM) yang dihadapi serta menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi HKM tersebut.

“Tujuannya adalah agar target kinerja organisasi yang telah ditetapkan dapat dicapai secara optimal baik secara kualitas maupun kuantitas. Selain itu, data hasil evaluasi kinerja tersebut juga akan dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan dalam manajemen sumber daya manusia,” ujarnya saat diwawancara secara daring seusai penutupan evaluasi.

Evaluasi kinerja ini dilaksanakan secara reguler. Tahun-tahun sebelumnya pun Kementerian ATR/BPN selalu melakukan evaluasi kinerja.

“Bedanya, jika sebelum terjadi pandemi Covid-19, kita melakukannya secara tatap muka, tetapi untuk saat ini, karena situasi pandemi, evaluasi kinerja dilaksanakan secara daring,” tambah Gunawan.

Evaluasi kinerja ini diawali dengan paparan para Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi terkait capaian kinerja semester I sesuai dengan indikator kinerja dan target yang telah ditetapkan, menyampaikan HKM yang dihadapi, serta langkah yang akan diambil untuk pencapaian kinerja pada semester II.

Selanjutnya, sekretaris jenderal, inspektur jenderal, para direktur jenderal dan seluruh anggota Tim Evaluasi Kinerja menyampaikan evaluasi dan arahan kepada Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi yang bersangkutan.

Pada kesempatan ini, Gunawan Muhammad menyampaikan juga bahwa secara umum capaian kinerja semester I memang masih perlu ditingkatkan.

“Salah satu penyebabnya adalah situasi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan cukup banyak ASN di Kementerian ATR/BPN yang terpapar Covid-19. Situasi pandemi juga mengakibatkan komunikasi dengan masyarakat, aparat desa/kelurahan, dan pihak-pihak terkait lainnya ada sedikit kendala. Namun demikian seluruh Kakanwil optimis target-target yang telah ditetapkan akan dapat terselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Hasil evaluasi kinerja semester I ini akan digunakan untuk merumuskan langkah-langkah yang perlu dilakukan baik pada level Kantah, Kanwil, maupun Kementerian (Pusat), termasuk bagaimana mengatasi HKM yang ada, sehingga pelaksanaan program/kegiatan pada semester II dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Gunawan Muhammad berharap dengan evaluasi kinerja ini semua jajaran Kementerian ATR/BPN baik yang ada di Kantah, Kanwil maupun Kementerian, bisa lebih memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing serta dapat merumuskan langkah-langkah perbaikan yang perlu dilakukan.

“Sehingga kinerja Kementerian ATR/BPN semakin hari semakin baik demi terwujudnya penataan ruang dan pengelolaan pertanahan yang terpercaya dan berstandar dunia,” pungkasnya. (adv)

Sponsored Content
Back to top button