Nasional

Enam Nama ini Berpeluang Jadi Ketum PDIP

INDOPOSCO.ID – Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga menegaskan, proses regenerasi di PDI Perjuangan hingga kini belum berlangsung. Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarno Putri atau yang akrab disapa Mega memberikan janji regenerasi total akan berlangsung pada 2024 mendatang.

“Kalau pun terjadi regenerasi, pengganti Mega diperkirakan tetap dari trah Soekarno. Tentu perkiraan ini akan terjadi bila Mega masih memimpin PDI Perjuangan hingga 2024,” ujar Jamiluddin Ritonga melalui gawai, Minggu (21/3/2021).

Menurut Jamiluddin, kader yang bukan trah Soekarno, sehebat apapun mereka, peluangnya hanya akan jadi sekjen, ketua departemen, dan posisi lainnya di DPP PDI Perjuangan.

“Mereka ini seolah tahu diri tidak akan lancang menyampaikan keinginannya menjadi calon ketua umum PDI Perjuangan,” katanya.

Setidaknya, menurut Jamiluddin, ada empat trah Soekarno yang saat ini yang berkiprah di politik dan berpeluang menggantikan Mega. Mereka adalah Prananda Prabowo, Puan Maharani, Guruh Soekarno Putra, dan Puti Guntur Soekarno.

“Dari empat nama ini, hanya Prananda dan Puan yang peluangnya lebih besar menggantikan Mega,” katanya.

Ia menegaskan, apabila dikerucutkan lagi, nampaknya Mega akan mendaulat Prananda sebagai penerusnya. Jadi kongres mendatang hanya alat legitimasi mengantarkan Prananda jadi ketua umum PDIP.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button