Nusantara

Empat Tersangka Korupsi Bantuan Kesehatan Bulukumba Ditahan

INDOPOSCO.ID – Empat orang tersangka korupsi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) 2019 menjalani penahanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1A Gunungsari, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/5).

Para tersangka masing-masing berinisial AA, selaku mantan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Bulukumba, ER, Kasubag Keuangan, IR Bendahara Dinas Kesehatan, dan EH, sebagai aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas menjadi sopir di Dinas Kesehatan setempat.

“Iya benar sudah ditahan di Lapas Makassar untuk persiapan menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Makassar,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Bulukumba Hartam Ediyanto seperti dikutip Antara, Minggu (30/5/2021).

Berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, kata dia, ditemukan kerugian negara sebesar Rp 13,4 miliar, dengan rincian Rp11 miliar pada 2019 dan Rp2 miliar lebih pada 2020, dari total anggaran yang digelontorkan Kementerian Kesehatan melalui APBN senilai Rp17 miliar lebih.

Penyidik Polres Bulukumba telah melimpahkan berkas perkara tahap kedua para tersangka ke Kejari Bulukumba. Berkas perkara beserta barang bukti telah dinyatakan lengkap atau P21 untuk selanjutnya digunakan dalam sidang di PN Tipikor Makassar.

“Telah diserahkan pada tanggal 27 Mei 2021, tersangka dan barang bukti, terkait dengan dana BOK Dinas Kesehatan Tahun Anggaran 2019 dari penyidik kepada penuntut umum Kejaksaan Negeri Bulukumba. Kini disempurnakan berkas untuk dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor di Makassar, ” kata dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button