Nusantara

Empat Terdakwa Hadiri Sidang Dugaan Korupsi Hibah Masjid Raya Sriwijaya

INDOPOSCO.ID – Kasus dugaan korupsi dana hibah proyek pembangunan Masjid Raya Sriwijaya di Sumatera Selatan (Sumsel) memasuki sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan terhadap empat orang terdakwa di Pengadilan Negeri Palembang, Selasa (27/7/2021).

Keempat terdakwa itu antara lain Eddy Hermanto, Syarifudin, Yudi Arminto, dan Dwi Kridayani hadir secara virtual dalam sidang yang dipimpin Hakim Tindak Pidana Korupsi. Kepala Seksi Penuntutan Bidang Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sumsel M. Naimullah mengatakan, semua berkas hasil pemeriksaan tim penyidik sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Palembang terangkum dalam surat dakwaan.

Dalam dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) tersebut menjelaskan secara rinci, terdakwa turut serta melakukan atau mengatur proses lelang dengan memenangkan PT Brantas Abipraya-Yodya Karya (KSO) sebagai pemenang lelang, mengalihkan pekerjaan tidak sesuai dengan kontrak pekerjaan pembangunan Masjid Sriwijaya dan menyetujui permintaan pembayaran tidak sesuai dengan pekerjaan.

Beberapa perbuatan yang harus dipandang sebagai perbuatan berlanjut, secara melawan hukum, yaitu pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 ada pemberian hibah berbentuk kepada Yayasan Wakaf Masjid Sriwijaya yang berdomisili di Jalan Limau II Blok B/3, Kelurahan Gandaria, Kecamatan Kebayoran Baru, Kotamadya Jakarta Selatan yang bersumber dari Anggaran Pendapadan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2015 sebesar Rp50.000.000.000 dan APBD Tahun 2017 sebesar Rp80.000.000.000.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button