Nasional

Empat Napi Kasus Terorisme Nyatakan Ikrar dan Setia kepada NKRI

INDOPOSCO.ID – Empat orang narapidana kasus terorisme melakukan penandatangan surat pernyataan dan ikrar setia kepada NKRI di Lapas Kelas 1 Madiun, Jawa Timur, Jumat (11/6/2021).

Kalapas Madiun Asep Sutandar membenarkan empat narapidana kasus terorisme tersebut melakukan penandatangan ikrar setia kepada NKRI.

“Penandatangan ikrar setia NKRI itu disaksikan Kepala BNPT, Kapolres Kota Madiun, Komandan Kodim, Kepala BIN Perwakilan Kota Madiun, Ketua Pengadilan dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Madiun,“ kata Asep melalui keterangan diterima indoposco.id, Jumat (11/06/2021).

Asep mengatakan setelah penandatanganan ini pihaknya melakukan pembinaan terhadap keempat narapida tersebut untuk menjalankan proses deradikalisasi dan menyiapkan agar bisa berintegrasi dengan masyarakat kembali.

”Kami lagi menyiapkan agar mereka bisa berintegrasi dengan masyarakat kembali,” ujar mantan Kalapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Adapun keempat narapida tersebut, yaitu Ibnu Khaldun bin Nur Cholis yang merupakan kelompok Jamaah Islamiyah (JI) terlibat kasus di Poso Sulawesi, kedua Sujadi Abdurrohman bin Saimun, kasus terorisme di Magetan, Jawa Timur serta masuk dalam kelompok Neo Jamaah Islamiyah / Parawijayanto.

Ketiga bernama Hengki Satria bin Marti Wilis yang terlibat kasus di Palembang dan masuk dalam kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Terakhir adalah Wisnu Putra bin Heru Soemarwan yang merupakan kelompok JAD dan terlibat kasus di Bandung, Jawa Barat.

Asep menambahkan, selain penandatanganan ikrar setia kepada negara, pihak lapas juga menyerahkan bendera merah putih sebagai lambang negara. ”Sebagai ucapan syukur kami jugamenggelar pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada mereka,” pungkasnya. (gin)

Sponsored Content
Back to top button