Nusantara

Empat Kebakaran Hutan di Sumbar karena Cuaca Panas

INDOPOSCO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat menyatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda empat daerah di provinsi itu akibat cuaca panas yang terjadi merata di seluruh kabupaten dan kota.

“Empat daerah yang dilanda kebakaran hutan itu yakni Kabupaten Agam, Limapuluh Kota, Pesisir Selatan, dan Padang Pariaman. Sampai hari ini Selasa (23/2/2021) total lahan yang terbakar seluas 30 hektare lebih,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur di Padang, Selasa.

Dari empat daerah itu, Kabupaten Agam yang terparah, tepatnya di Tanjung Mutiara. Sampai saat ini total lahan yang terbakar mencapai 25 hektare.

Sementara untuk tiga daerah lainnya seperti Pesisir Selatan, Limapuluh Kota, dan Padang Pariaman, karhutla yang terjadi di sana luasnya rata-rata satu hingga dua hektare saja.

Ia mengatakan lahan yang terbakar di Sumbar sampai saat ini masih bisa dikendalikan yakni dengan penanganan yang maksimal dilakukan BPBD di masing-masing daerah, langkah antisipasi juga perlu dilakukan, terutama kesadaran bagi masyarakat dan petani.

“BPBD di daerah telah bergerak cepat dengan peralatan yang memadai. Kita dari Pemprov Sumbar turus memantau, dan bila BPBD di daerah membutuhkan penambahan alat maupun tenaga, kita dari BPBD Sumbar siap turun ke daerah,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button