Gaya Hidup

Empat Filter Mobil yang Perlu Diperiksa usai Perjalanan Jauh

INDOPOSCO.ID – Bagi masyarakat yang mendapatkan izin untuk mudik, akhir pekan ini merupakan hari terakhir arus balik Lebaran 2021 sebelum kembali bekerja pada Senin (24/5) besok.

Untuk itu, para pemilik mobil perlu memeriksa empat jenis filter yang berpotensi kotor usai kendaraan itu dipacu berjalan jauh ke kampung halaman, antara lain filter oli, filter udara, filter bahan bakar dan filter AC.

“Pastikan mobil yang telah dipakai libur Lebaran siap untuk kembali beraktivitas, termasuk empat filter yang memegang peran penting dalam menjaga performa kendaraan,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000 dalam siaran pers, Ahad (23/5), seperti dilansir Antara. (arm)

Berikut ulasan empat jenis filter yang perlu diperiksa menurut Auto2000:

Filter Oli

Di antara semua filter, filter oli memiliki tugas paling berat dan krusial karena terkait langsung dengan kerja mesin. Filter oli bertugas memastikan oli mesin selalu dalam kondisi bersih dari segala bentuk kontaminasi, baik jelaga, serbuk metal, air, ataupun kotoran lain.

Jika tidak, proses pelumasan mesin tidak akan berjalan baik, bahkan bisa merusak komponen bergerak pada mesin.

Filter oli yang tersumbat kotoran membuat kinerjanya semakin menurun dan membahayakan sirkulasi oli. Untuk itu filter oli wajib diganti mengikuti jadwal servis berkala yakni setiap 10.000 km atau 6 bulan, mana yang tercapai lebih dahulu, untuk memastikan filter oli dapat menjalankan tugasnya melindungi mesin dengan baik.

Filter Udara

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button