Nusantara

Ekspor Tanaman Hias Asal Lampung Meningkat Signifikan

INDOPOSCO.ID – Kepala Karantina Pertanian Lampung Muh Jumadh menyatakan berdasarkan data sistem perkarantinaan, IQFAST Karantina Pertanian Lampung, volume ekspor tanaman hias daerah tersebut meningkat secara signifikan pada 2021.

“Tercatat hingga April ini, volume ekspor tanaman hias sebanyak 245 batang, meningkat signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya tiga batang,” kata Muh Jumadh seperti dilansir Antara, Kamis (15/4/2021).

Dia menyebutkan nilai ekspor pun meningkat sangat signifikan yang pada tahun 2020 hanya sebesar Rp300 ribu, tahun 2021 menjadi Rp 227,3 juta. Peningkatan juga pada negara tujuan, tahun 2020 satu negara yaitu Amerika Serikat. Sedangkan tahun 2021 sebanyak sembilan negara tujuan yakni Amerika Serikat, Portugal, Singapura, Kanada, Belanda, Malaysia, Norwegia, Kuwait, dan Jerman.

“Ekspor tanaman hias dari Lampung belum banyak. Namun, jumlah dan nilainya terus meningkat. Ini sesuai dengan prinsip Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks). Kami akan terus fasilitasi untuk sertifikasi ekspor dan memastikan keterimaan produk di negara tujuan sesuai persyaratan,” ucap Jumadh.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button