Lawan Penipuan Online, Shopee, Komdigi, dan SIBERKREASI Luncurkan ‘Buku Antisipasi Modus Penipuan’

INDOPOSCO.ID – Shopee Indonesia, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Digital RI serta SIBERKREASI hari ini meluncurkan Buku Antisipasi Modus Penipuan (AMAN) Mengatasnamakan Shopee; sebuah panduan praktis untuk mengenali dan menghindari beragam modus penipuan online, yang menjadi bagian dari kampanye anti penipuan online #TakKenalMakaTakAman.

Kehadiran Buku AMAN Shopee menjadi salah satu perwujudan komitmen Shopee dalam menciptakan platform belanja online yang aman. Buku AMAN Shopee kini sudah dapat diakses dan diunduh dengan mudah lewat laman portal Shopee Xtra Aman.

Modus penipuan online dewasa ini terus berkembang dan semakin kreatif. Laporan ‘State of Scams in Southeast Asia 2025’ dari Global Anti-Scam Alliance mencatat bahwa 66% masyarakat Indonesia pernah menjadi target percobaan penipuan dalam 12 bulan terakhir, seperti phishing, lowongan pekerjaan palsu, hingga penipuan mengatasnamakan institusi tertentu.

Para penipu melancarkan aksi penipuannya melalui aplikasi pesan singkat (67%), telepon (64%), dan SMS (59%). Maraknya fenomena penipuan ini menunjukkan bahwa perlunya edukasi preventif agar masyarakat lebih peka dan sadar terkait modus penipuan untuk bisa melindungi dirinya.

Rizki Ameliah, Kepala Pusat Pengembangan Literasi Digital BPSDM Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia mengapresiasi inisiatif Shopee dalam mengedukasi dan meningkatkan literasi digital masyarakat untuk mencegah penipuan online. “Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total kerugian masyarakat akibat penipuan yang dilaporkan melalui Indonesia Anti Scam Center (IASC) mencapai Rp6,1 triliun selama periode November 2024 hingga September 2025.

Saat ini tantangannya bukan hanya sekadar teknologi, tapi juga membangun ekosistem yang melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah, platform digital, publik figur, dan komunitas untuk menyatukan visi dan persepsi dalam memberikan edukasi serta literasi digital kepada masyarakat. Pemerintah sangat mengapresiasi terbitnya Buku AMAN Shopee ini. Buku ini sejalan dengan pilar literasi digital yang tengah kami dorong, sehingga menjadi langkah positif dalam memperkuat edukasi masyarakat di ranah digital,” ujar Rizki.

Head of Corporate Affairs Shopee Indonesia, Satrya Pinandita menjelaskan komitmen Shopee dalam peningkatan kesadaran masyarakat terkait penipuan online. “Keamanan pengguna selalu menjadi prioritas utama Shopee. Kami ingin memastikan setiap pengguna dapat berbelanja, berjualan, dan berinteraksi di platform kami dengan rasa aman dan nyaman.

Kami secara khusus merancang Buku AMAN Shopee dengan desain dan bahasa yang mudah dipahami oleh berbagai kalangan dan dalam format shareable yang bisa dengan mudah dibagikan melalui berbagai platform. Kami juga berterima kasih atas dukungan penuh yang diberikan oleh Komdigi dan SIBERKREASI untuk bersama-sama membangun ekosistem yang aman bagi pengguna, karena #TakKenalMakaTakAman.”

#TakKenalMakaTakAman: Ajak Masyarakat Lebih Peka Terhadap Upaya Penipuan Online

Shopee secara aktif terus menghadirkan berbagai program dan fitur untuk membantu pengguna terhindar dari penipuan. Fitur ‘Cek Fakta’ diluncurkan tahun 2023 lalu dan selama semester 1 2025, fitur ini telah membantu lebih dari 250.000 pengguna mendapatkan validasi informasi mengatasnamakan Shopee yang mereka dapatkan. Ada juga aman program #XtraAman dan edukasi modus penipuan baru di media sosial Shopee.

Buku AMAN Shopee hadir untuk memperkuat upaya Shopee dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terkait modus penipuan online. Buku AMAN Shopee terdiri dari 3 bahasan utama yang berfokus pada cara mengenali dan menangkal aksi licik penipu seperti:

● Kenali dan Lindungi Data Pribadi: Panduan dasar agar masyarakat dapat memahami pentingnya menjaga keamanan data pribadi seperti Kode OTP, password, informasi bank, dan data pribadi lainnya, agar terhindar dari kasus pencurian data pribadi seperti phishing, dan rekayasa sosial atau social engineering.

● Waspadai Beragam Modus Penipuan: Menjelaskan dan mengilustrasikan berbagai jenis modus penipuan, seperti penipuan yang mengatasnamakan Shopee, penipuan transaksi keuangan hingga pengiriman paket palsu agar masyarakat bisa menjadi lebih waspada.

● Program dan Fitur Shopee untuk Hindari Penipuan: Menjabarkan detail program dan fitur keamanan yang Shopee miliki seperti Cek Fakta, Tim CS Shopee yang siap sedia membantu para pengguna, hingga cara menangkal penipuan dengan 3C (Cek Pengirimnya, Cek Fakta via CS Shopee, Cari Tahu Modus Terbarunya)

Ketua Umum SIBERKREASI, Donny Budi Utoyo turut membagikan pandangannya terkait pentingnya literasi digital dalam menghadapi fenomena penipuan online. “Literasi digital bukan hanya sekadar mampu menggunakan teknologi, tetapi juga harus mencakup kesadaran kritis dalam memahami, menyaring, hingga menyebarkan informasi secara bertanggung jawab.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih saat ini, masyarakat pun diharapkan bisa menjadi lebih kritis dan tidak mudah percaya terhadap informasi dari orang yang tidak dikenal. Edukasi anti penipuan seperti Buku AMAN Shopee ini adalah salah satu inovasi yang dapat membekali masyarakat tentang langkah praktis menghindari penipuan online,” ujarnya.

Influencer sekaligus pengguna setia Shopee, Fitri Tropica atau yang biasa disapa Fitrop juga menyambut positif inisiatif baru #XtraAman yang Shopee luncurkan. “Aku sendiri pernah mengalami kasus percobaan pencurian data pribadi atau seperti hacking gitu modusnya di akun Shopee-ku.

Aku pun langsung menghubungi tim Customer Service Shopee dan mereka sangat cepat membantu memulihkan akunku. Pengalaman itu bikin aku sadar pentingnya untuk tahu cara melindungi diri di dunia digital. Karena itu, aku sangat senang dengan kehadiran Buku AMAN Shopee yang bahasannya mudah dipahami. Informasi edukatif seperti ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi publik supaya kita bisa lebih pintar dalam menghindari penipuan,” tutup Fitrop.

Jika mendapat informasi mencurigakan dan percobaan penipuan, selalu ingat #TakKenalMakaTakAman dan gunakan fitur Cek Fakta via Customer Service Shopee untuk memverifikasi kebenaran informasi yang didapat. Informasi lebih lanjut, kunjungi laman XtraAman Shopee: https://shopee.co.id/m/xtraaman. (srv)

Exit mobile version