Ekonomi

Investasi Jadi Harapan Dongkrak Ekonomi di Tengah Krisis Global

INDOPOSCO.ID – Sektor investasi dinilai menjadi satu-satunya harapan pemerintah untuk bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di tengah ancaman krisis global saat ini.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto menilai investasi jadi kunci pertumbuhan ekonomi lantaran konsumsi serta kinerja ekspor dan impor akan cukup tertekan dengan kondisi yang terjadi.

“Harapan kita satu-satunya investasi. Investasi jadi sangat penting terutama investasi yang berasal dari luar negeri atau FDI (Foreign Direct Investment),” katanya dalam Forum Kemitraan Investasi yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu.

Berita Terkait

Seto menjelaskan daya beli masyarakat pada 2023 diperkirakan akan menurun seiring dengan berkurangnya insentif yang diberikan pada saat pandemi COVID-19. Tekanan suku bunga dinilai akan menyebabkan konsumsi rumah tangga berkurang.

Di sisi lain konsumsi pemerintah juga diperkirakan akan mengalami tekanan karena defisit anggaran akan kembali ditetapkan kurang dari 3 persen.

“Kalau defisit balik ke 3 persen tentunya belanja pemerintah akan mengalami pembatasan. Ini juga akan berpengaruh walaupun kita lihat ada belanja pemilu yang mulai tahun depan diharapkan bisa mendorong ekonomi,” katanya.

Dari sisi ekspor dan impor, menurut Seto, komoditas ekspor utama Indonesia juga diprediksi akan mengalami tekanan dengan kondisi global saat ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button