Ekonomi

Pelemahan Rupiah Bukan Karena Ekonomi RI Buruk

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tidak khawatir dengan pelemahan rupiah yang terjadi lantaran hal itu terjadi bukan karena ekonomi Indonesia yang buruk.

Luhut menilai pelemahan rupiah terjadi karena adanya faktor eksternal, yaitu kenaikan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed, yang agresif dilakukan sepanjang 2022.

“Kalau nanti ada yang sampaikan The Fed kalau masih tekan, which is kayaknya enggak lagi, dia (rupiah) sampai Rp16 ribu, oke, kita nanti akan adjust (sesuaikan) lagi ke bawah. Jadi semua manageable (terkendali) , semua by design (terdesain), bukan karena ekonomi kita tidak bagus,” katanya dalam Wealth Wisdom 2022 yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa (29/11), dikutip dari Antara.

Menurut Luhut, pergerakan nilai tukar rupiah yang terjadi saat ini pun dinilai sebagai suatu hal yang wajar akibat kenaikan suku bunga acuan The Fed. Ia penyebut hampir semua negara pun terpengaruh hal tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button