Ekonomi

Presidensi G20 Tampilkan Sisi Terbaik Alam dan SDM Indonesia

Salah satu yang membuat Menparekraf terkejut ialah dampak promosi dari sisi pariwisata dan ekonomi kreatif atas penyelenggaraan G20.

Misalnya, ketika pertemuan Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak dengan PM Kanada Justin Trudeau di restoran Bumbu Bali yang menjadi pembicaraan seluruh dunia. Mulai dari pakaian yang dipakai oleh mereka, minuman yang diminum, makan sate bali dan sambel matah.

“Sekarang, restoran Bumbu Bali menjadi destinasi tersendiri,” ungkap Sandiaga.

Selain itu, G20 juga membuat sejumlah produk ekonomi kreatif Indonesia naik kelas, seperti kain endek Bali yang dipakai para pemimpin dunia berjalan di karpet merah layaknya sedang fashion show.

“Saya tidak terbayang berapa nilainya dari promosi kain endek itu, mungkin kita akan menghitungnya. Karena memakaikan baju ke para pemimpin negara itu kan promosi yang sangat luar biasa,” ucap Menparekraf.

Pertemuan antara Presiden AS dengan Presiden China Xi Jinping juga menjadi satu hal yang historik mengingat pasca terpilihnya Biden, mereka belum melakukan pertemuan secara fisik, dan akhirnya memilih Bali menjadi perjumpaan pertama mereka. Adanya pertemuan tersebut membuat seluruh mata dunia memandang Bali dan Indonesia.(mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button