Ekonomi

Pengelolaan Bandara Soekarno-Hatta Akan Dikerjasamakan

INDOPOSCO.ID – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan akan mengerjasamakan pengelolaan Bandara Soekarno-Hata (Soetta), Jakarta seperti halnya Bandara Kualanamu di Sumatera Utara.

“Terkait Soetta ini memang kita berdasarkan peraturan menteri perhubungan yang baru, jadi pada intinya Angkasa Pura sekarang bisa mengerjasamakan bandara-bandaranya dengan cara badan usaha bandar udara bisa dilakukan spin off ke joint venture di bawahnya,” ujar Kartika dalam konferensi pers SOE International Conference di Nusa Dua, Bali, Selasa (18/10).

Dia mengatakan, Kementerian BUMN telah melakukan testing regulasi tersebut di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara dengan membuat perusahaan joint venture bersama GMR Airport Consortium India untuk mengelola bersama bandara itu, dan terdapat komitmen investasi dari GMR untuk memperbaiki serta memperluas kapasitas di Kualanamu.

Kementerian BUMN sendiri sudah berencana untuk melakukan perluasan kapasitas dengan membangun landas pacu atau runway 3 Soetta sebelum Covid-19.

Namun, masalahnya pasca pandemi ternyata pemulihan trafik di Soetta sangat cepat di mana saat ini mencapai 85 persen lebih cepat dari perkiraan.

“Hal ini membuat kita berpikir untuk mengakselerasi pengerjasamaan Soetta. Mungkin polanya sama dengan Bandara Kualanamu di mana kita akan membuat joint venture untuk perluasan bandara Soetta. Kita lagi petakan apakah semua terminal atau mungkin terminal baru, terminal 4 serta terminal 3 saja, ini yang sedang dipertimbangkan,” ucap Kartika.

Dia menambahkan, dari sisi minat investor mereka sangat berminat karena pergerakan pesawat di Soetta sebagai yang tertinggi di Asia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button