Ekonomi

ICCN Gelar Rakornas hingga 29 September 2022

INDOPOSCO.ID – Indonesia Creative Cities Network (ICCN) akan melakukan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bertajuk Jejaring Lokal Keren pada hari ini sampai dengan 29 September 2022 di Jakarta.

Rakornas ini bertujuan untuk memberikan pengalaman tentang pengembangan Kota/Kabupaten Kreatif di Indonesia, sekaligus turut mendorong pengembangan Kota/Kabupaten masing-masing, melalui pengelolaan ragam potensi kreatif lokal secara optimal, termasuk dengan pendekatan Placemaking atau Creative Hub, hingga creative cluster di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh delegasi 225 dari total 240 Kota/Kabupaten jejaring ICCN, seperti di antaranya Kanot Bu dari Nanggroe Aceh Darussalam, Medan Creative Movement dari Sumatra Utara, juga Numbay Creative Forum dari Papua, serta lebih dari 10 Kepala Daerah.

“Rakornas ini juga akan dihadiri para pemimpin nasional, di antaranya Menteri BUMN & Dewan Kehormatan ICCN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Staf Khusus Presiden & Dewan Kehormatan ICCN Putri Tanjung, Ketua Dewan Pengarah ICCN & Komisaris Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Ketua Umum ICCN Fiki Satari, serta Ketua Jakarta Creative City Forum (JCCF) Handoko Hendroyono,” ungkap Ketua Umum ICCN Fiki Satari di Jakarta, Selasa (27/9).

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Staf Khusus MenKopUKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif tersebut menambahkan, tuan Rumah Rakornas ICCN 2022 kali ini adalah Jakarta Creative City Forum atau disingkat JCCF, sebagai jejaring ICCN di Jakarta.

JCCF sendiri merupakan sebuah inisiatif untuk membangun dan mengembangkan ekosistem kreativitas lokal, ekonomi serta industri kreatif di Jakarta, dengan mengoptimalkan dan memberdayakan segala potensi yang dimiliki Jakarta.

“Terutama untuk memberikan manfaat seluasnya bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, menghadirkan kepribadian serta kepekaan yang baik, menghargai dan memuliakan nilai-nilai keragaman budaya serta jati diri, juga menjadikan Jakarta sebagai creative industry hub untuk kawasan Asia-Pasifik, tentunya dengan menerapkan kolaborasi pelaku kreatif dari unsur Hexa Helix, yaitu Akademisi, Pengusaha/UMKM, Komunitas, Pemerintah Pusat dan Daerah, Media, serta Agregator seperti lembaga keuangan dan inkubator,” kata Fiki.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button