Ekonomi

IHSG Naik Seiring Penguatan Bursa Saham Asia

INDOPOSCO.ID – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia( BEI) pada Selasa pagi bergerak naik seiring penguatan bursa saham Asia.

IHSG dibuka menguat 30,76 poin atau 0,43 persen ke posisi 7.262,64. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 6,46 poin atau 0,63 persen ke posisi 1.035,76.

“IHSG mungkin bergerak sideways hari ini mengingat penguatan di mayoritas barang utama terjadi di tengah sentimen yang bervariasi di bursa global dan regional,” tulis Tim Riset Samuel Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Selasa (6/9), seperti dikutip dari Antara.

IHSG bergerak di luar perkiraan pada Senin (5/9) kemarin naik 0,8 persen menjadi 7.231,9, sedikit lebih rendah dari level tertingginya sepanjang masa di 7.232,2 (26 April 2022).

Peningkatan tersebut didorong oleh arus beli bersih asing yang mencapai Rp1,4 triliun di pasar reguler dan Rp1,5 triliun secara keseluruhan.

Analis Samuel Sekuritas Lionel Proyadi mengatakan, salah satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa pasar sudah memperhitungkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Media pun telah ramai membahas masalah harga BBM tanpa henti salam dua minggu terakhir.

“Penjelasan lain adalah bahwa investor asing masih melihat saham Indonesia sebagai instrumen investasi pilihan karena kinerja pasar negara berkembang pengimpor komoditas lain yang lebih buruk dari Indonesia,” ujar Lionel.

Kendati demikian, lanjut Lionel, pertanyaan yang tersisa saat ini adalah apakah investor asing telah memperhitungkan kondisi makro ekonomi Indonesia.

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan memperkirakan inflasi akan mencapai 6,6-6,8 persen tahun ini. Untuk menjaga tingkat inflasi, Bank Indonesia diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 100 bps menjadi 4,75 persen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button