Ekonomi

KemenKopUKM Gandeng Dekranas dan WhatsApp Luncurkan Training Chatbot Akselerasi Transformasi Digital

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) melalui sinergi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar acara bertemakan Cerita Kriya yang akan diselenggarakan di Bali pada 8-11 September 2022 seiring kerja sama dengan WhatsApp dan UKM Indonesia dalam mengakselerasi kemampuan digital UMKM akan meluncurkan Chatbot Pelatihan Tumbuh Jagowan.

“Kerja sama ini dimaksudkan untuk mendukung akselerasi digitalisasi UMKM di Indonesia, sekaligus mendorong pemulihan ekonomi dalam negeri,” kata Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki di Jakarta, Senin (5/9).

Situs UKMJagowan.id diluncurkan untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam menemukan berbagai brand UMKM yang berkualitas dari berbagai daerah di satu tempat.

Ia berterima kasih kepada semua pihak terkait khususnya WhatsApp dan UKM Indonesia atas kerja sama dan dukungan terhadap pencapaian target pemerintah untuk mendorong akses pasar bagi UMKM di Indonesia.

“Program-program ini penting untuk memastikan pelaku UMKM agar mendapat dukungan yang tepat serta dapat memetik manfaat dari perubahan perilaku konsumen ke ranah daring, termasuk dalam berbelanja,” ucap MenKopUKM.

Terkait penambahkan target Pemerintah Indonesia untuk mendorong digitalisasi 30 juta UMKM pada tahun 2024, Menteri Teten mengatakan sejauh ini sekitar 19 juta pelaku UMKM telah go digital.

“Dengan jutaan masyarakat Indonesia yang telah menggunakan WhatsApp dalam kesehariannya, pemanfaatan platform ini tentu menjadi langkah yang patut diambil untuk membawa UMKM ke ranah digital,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button