Ekonomi

Menlu: Neraca Perdagangan RI terhadap Korsel Surplus USD 500 Juta

INDOPOSCO.ID – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan neraca perdagangan Indonesia terhadap Korea Selatan tercatat surplus sebesar USD 500 juta pada Januari-Mei 2022.

Hal itu diungkapkan Menlu Retno usai mendampingi pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo bersama Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, Kamis sore waktu setempat.

“Pada bulan Januari sampai Mei tahun ini, Indonesia sudah memperoleh surplus lebih dari 500 juta dolar,” kata Menlu Retno memberikan keterangan pers yang disaksikan secara virtual dari Jakarta, Kamis.

Menlu Retno mengatakan capaian kinerja perdagangan ini mengalami peningkatan yang signifikan, mengingat neraca perdagangan Indonesia defisit dalam tiga tahun terakhir.

Di sisi lain, total nilai perdagangan Indonesia terhadap Korea Selatan tercatat meningkat, yakni mencapai lebih dari 18 miliar dolar AS pada 2021, serta 13 miliar dolar AS pada 2020.

Oleh karena itu, Indonesia berupaya mendorong nilai perdagangan kedua negara dengan menghilangkan hambatan tarif dan non tarif untuk ekspor produk pertanian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button