Ekonomi

Pengamat Nilai Garuda Potensi Jadi Pemain Global

INDOPOSCO.ID – Sekretaris Eksekutif Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada Maharani Hapsari menilai PT Garuda Indonesia akan menjadi pemain global seiring dengan upaya Menteri BUMN Erick Thohir yang mencari investor strategis untuk maskapai pelat merah tersebut.

“Mencari investor strategis bagi Garuda Indonesia merupakan langkah strategis dan perlu didukung. Mencari investor strategis merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pembenahan struktural yang tengah dilakukan Menteri Erick di maskapai Garuda,” ujarnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Maharani mengatakan mencari investor strategis merupakan kebijakan adhock yang tengah digulirkan Menteri Erick. Ini merupakan bagian dari rencana besar untuk pembenahan secara komprehensif yang merupakan bagian tak terpisahkan dari transformasi industri aviasi Garuda.

Berita Terkait

Menurut dia, pemerintah harus mengetahui secara presisi rantai pasok dari hulu hingga hilir industri penerbangan nasional, sehingga pemerintah bisa mengetahui keunggulan apa saja yang dimiliki Garuda dan bagaimana cara untuk memanfaatkan keunggulan tersebut.

Baca Juga: Jaksa Agung akan Umumkan Tersangka Baru Korupsi Garuda Indonesia

“Ketika rantai pasok industri penerbangan nasional bisa dipetakan, maka kehadiran investor strategis ini bisa menjadi pendorong yang sangat efektif untuk dapat mengembangkan Garuda,” kata Maharani.

Selain mendatangkan kapital yang sangat besar, lanjut Maharani, kehadiran investor strategis di Garuda diharapkan mampu mewujudkan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi aviasi dunia.

Pengembangan Garuda di masa mendatang tak hanya dibutuhkan financial capital, tetapi juga dibutuhkan peningkatan human capital di sektor aviasi. Selain itu, kehadiran investor strategis juga diharapkan meningkatkan jumlah penumpang dan kargo di Garuda.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button