Ekonomi

Arcandra Tahar: Bisnis Saka Energi Mulai Menghasilkan Keuntungan

INDOPOSCO.ID – Komisaris Utama Perusahaan Gas Negara (PGN) Arcandra Tahar menyebutkan kinerja bisnis hulu migas PGN melalui anak usahanya PT Saka Energi Indonesia (Saka Energi) akhirnya berhasil meraih keuntungan.

Keberhasilan Saka Energi menaikkan lifting minyak, meningkatkan efisiensi, dan lonjakan harga minyak dunia sepanjang 2021 menjadi pendorong utama kinerja positif anak perusahaan PGN itu.

“Setelah sekian lama mengalami kerugian, pada 2021, Saka Energi berhasil mencatatkan laba bersih sekitar 6 juta dolar AS,” kata Arcandra dalam akun Instagram miliknya yang dikutip di Jakarta, Selasa (26/4/2022), seperti dikutip Antara.

Dia menjelaskan kinerja keuangan yang membaik itu berdampak positif terhadap PGN sebagai induk perusahaan karena pada tahun- tahun sebelumnya, kerugian yang dialami oleh Saka Energi telah menjadi beban keuangan PGN.

Kinerja Saka Energi yang membaik itu dipengaruhi oleh peningkatan volume lifting minyak menjadi sekitar 25 ribu barel per hari selama tahun 2021. Kenaikan lifting tersebut berkat eksplorasi di beberapa sumur baru, khususnya di Blok Pangkah yang berhasil menemukan minyak dan kenaikan harga minyak 2021 turut mendongkrak pendapatan Saka Energi.

Pada tahun lalu, rata-rata harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) sebesar 68,13 dolar AS per barel, lebih tinggi dibandingkan harga rata-rata tahun 2020 sebesar 52,77 dolar AS per barel.

Kemudian, optimalisasi teknologi pada sumur-sumur eksplorasi dan eksploitasi berdampak tidak hanya terhadap peningkatan volume lifting minyak, tetapi juga pada efisiensi operasional Saka Energi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button