Ekonomi

Yuk Amankan Aset Digital dengan Yubikey

Sekilas pandang metode tersebut memang relatif membantu, namun sedikit merepotkan karena prosesnya yang panjang.

“Pada dasarnya metode otentikasi yang sering kita pakai hari ini agak sedikit merepotkan. Nah, Yubikey hadir untuk meminimalkan kerepotan-kerepotan seperti itu. Dengan memakai satu perangkat seperti Yubikey, pengguna tidak perlu mengingat-ingat password lagi.
Selain itu pemilik akun juga tidak perlu menunggu untuk menerima autentifikasi lewat OTP, baik lewat email maupun sms, yang mungkin membutuhkan waktu agak lama,” kata pengamat IT dan CEO Suryadhamma Investama, Eddy Yansen.

Pengguna cukup memasang Yubikey di laptop dan menyentuh sensor perangkat untuk mengakses akun digital. Kalau memakai smartphone, pengguna bisa mengaktifkan security key menggunakan fitur NFC di ponsel pintar.

Membuat Akun Susah Diretas
Andaikan akun pengguna diretas. Kata sandi pengguna berhasil ditebak, dan pelaku berhasil menanamkan malware di perangkat smartphone atau laptop guna menyadap kode OTP, Yubikey bisa jadi solusi yang menambal kelemahan metode 2FA tersebut. Keuntungannya, akun pengguna jadi susah diretas.
Praktis Dibawa kemana Saja
Kelebihan terakhir dari Yubikey ada pada bentuknya yang kecil, mirip dengan perangkat USB yang mudah dibawa kemana saja. Yubikey 5 pun dilengkapi dengan fitur NFC yang membantu pengguna menghubungkannya dengan smartphone.

Dengan tiga kelebihan yang diusung Yubikey, mengamankan aset digital jadi lebih mudah, praktis dan efisien. Pengguna tidak perlu lagi mengingat-ingat kata sandi, aman dari tindakan peretasan dari jarak jauh, serta tidak perlu lagi merasa ribet dengan otentikasi 2 faktor.

“Zaman sekarang sebagian besar orang cenderung menyukai hal-hal yang mudah dipakai dan ringkas. Dari segi kemampuan memenuhi kebutuhan akan pengamanan akun digital, menurut saya Yubikey mampu memenuhi kedua hal itu,” pungkas Eddy. (srv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button