Ekonomi

Emas Anjlok 38,7 Dolar Akibat Ketegangan Geopolitik di Ukraina

“Kenaikan dramatis yang diikuti oleh penurunan dramatis sangat dimotivasi secara teknis,” tutur Direktur Perdagangan Logam High Ridge Futures, David Meger.

Rebound di pasar saham global juga memberati logam safe-haven, bahkan ketika analis memperkirakan volatilitas pasar akan tetap tinggi.

“Premi risiko dan permintaan safe haven akan terus mendukung emas, tetapi kenaikan dibatasi oleh kemungkinan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS Maret ini,” tutur Kepala Strategi Pasar Komoditas Bank of China International, Xaio Fu.

Data ekonomi yang lebih baik dari ditaksir yang dirilis pada Jumat (25/2/2022) juga menekan emas. Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa belanja konsumen AS, yang menyumbang lebih dari 2 pertiga aktivitas ekonomi AS, melonjak 2,1 persen pada Januari setelah turun 0,8 persen pada Desember, mengalahkan ekspektasi pasar.

Departemen Perdagangan AS juga melaporkan bahwa antaran barang kuat lama AS melonjak 1,6 persen pada Januari, jauh lebih besar dari yang diperkirakan para analis.

Harga logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei turun 69,3 sen atau 2,8 persen, menjadi ditutup pada 24,017 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April turun 12 dolar atau 1,13 persen, menjadi ditutup pada 1,050,10 dolar AS per ounce. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button