Ekonomi

Rusia Invasi Ukraina, Komoditas Global Naik

Monopoli pipa gas negara Rusia, Gazprom, mengatakan pasokan melalui Ukraina seperti biasa dan Ukraina mengatakan infrastruktur energinya tidak rusak. Austria juga mengatakan menerima pengiriman gas normal.

Setidaknya sepuluh pedagang minyak dengan rumah perdagangan dan perusahaan minyak Barat mengatakan tidak ada gangguan pada aliran minyak Rusia termasuk melalui Laut Hitam.

Rusia, Kazakhstan, Azerbaijan dan Turkmenistan mengirimkan sekitar 2-3 juta barel per hari atau 2-3 persen dari pasokan global ke pasar melalui Laut Hitam.

Turki, anggota aliansi militer Barat NATO, memiliki kendali atas Bosporus yang menghubungkan Laut Hitam dan Laut Mediterania.

Pergerakan kapal di Laut Azov dihentikan pada Kamis meskipun pelabuhan di Laut Hitam, yang menyumbang sebagian besar ekspor biji-bijian dan biji minyak, tetap buka.

Kekhawatiran tentang pasokan aluminium dari Rusia telah mendorong aluminium ke rekor tertinggi 3.449 dolar AS per ton, naik 21 persen sepanjang tahun ini.

Rusal, produsen aluminium terbesar di dunia di luar China, memproduksi 3,8 juta ton aluminium pada tahun 2021, sekitar 6 persen dari perkiraan produksi dunia. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button