Ekonomi

Minyak Capai 105 Dolar AS Per Barel Setelah Rusia Serang Ukraina

China memperingatkan dampak ketegangan terhadap stabilitas pasar energi.

“Semua negara yang benar-benar bertanggung jawab harus mengambil tindakan yang bertanggung jawab untuk bersama-sama menjaga keamanan energi global,” kata juru bicara kementerian luar negeri China.

Di Amerika Serikat, persediaan minyak mentah komersial naik 4,5 juta barel pekan lalu menjadi 416 juta barel, jauh lebih banyak dari ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk peningkatan 400.000 barel.

Berita Terkait

Namun, minyak mentah dalam cadangan minyak strategis (SPR) AS turun 2,4 juta barel menjadi 582,4 juta barel, terendah sejak 2002, menurut data pemerintah.

Secara global, pasokan minyak tetap ketat karena permintaan pulih dari posisi terendah pandemi.

Mencerminkan ketatnya pasokan, premi pada kontrak Brent untuk pemuatan dalam satu bulan dibandingkan kontrak untuk pemuatan dalam enam bulan, sebuah metrik yang diawasi ketat oleh para pedagang, mencapai rekor tertinggi pada 13,07 dolar AS per barel.

Analis mengatakan Brent kemungkinan akan tetap di atas 100 dolar AS per barel sampai pasokan alternatif yang signifikan tersedia dari minyak serpih AS atau Iran, misalnya.

Amerika Serikat dan Iran telah terlibat dalam pembicaraan nuklir tidak langsung di Wina yang dapat mengarah pada penghapusan sanksi terhadap penjualan minyak Iran.

Pejabat tinggi keamanan Iran, Ali Shamkhani, mengatakan di Twitter bahwa adalah mungkin untuk mencapai kesepakatan nuklir yang baik dengan kekuatan Barat setelah kemajuan signifikan dalam negosiasi.

Analis memperingatkan tekanan inflasi pada ekonomi global dari minyak 100 dolar AS, terutama untuk Asia, yang mengimpor sebagian besar kebutuhan energinya.

“Kelemahan Asia tetap merupakan kebutuhan impor energi yang besar, dengan melonjaknya harga minyak pasti akan mengurangi pendapatan dan pertumbuhan selama tahun mendatang,” kata ekonom HSBC Frederic Neumann. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button