Ekonomi

Langkah Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 Sejahterakan Masyarakat Indonesia

“Tantangannya kami harus mensosialisasikan lebih masif lagi. Tapi secara literasi hari ini sudah 40 % di masyarakat, dan peningkatan nasabah sudah 20% setiap tahun,” ungkap Alim.

Tantangan lainnya adalah, di tiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga pendekatan tidak dapat dipukul rata, tapi menyesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. Perbedaan itu mulai dari mayoritas mata pencaharian masyarakat tiap-tiap daerah, yang berpengaruh produk yang dibutuhkan, dan kemampuan membayar pinjaman.

Dalam kesempatan yang sama, Tinggi Pardomuan, Deputi Area Bekasi mengungkapkan, di Bekasi banyak masyarakat yang berprofesi sebagai pengusaha, tinggal di pemukiman dan masyarakat petani. Untuk masyarakat petani, dibutuhkan pendekatan dengan produk khusus seperti RTT gadai sertifikat tanah, dimana nasabah tidak perlu mengangsur setiap bulan.

Masih dalam kesempatan yang sama, Ferry Hariawan, Deputy Area Jatiwaringin, yang sebagian masyarakatnya tinggal di perkotaan, melakukan pendekatan berbeda dalam menggaet masyarakat untuk mau berinvestasi Tabungan Emas, yaitu menggandeng yayasan dan komunitas yang bergerak di bidang dakwah untuk menawarkan produk Arrum Haji.

“Kami juga menggandeng pengusaha toko emas, untuk menawarkan pembelian emas dengan sistem pembiayaan Pegadaian,” ujar Ferry.

Dengan berbagai upaya tersebut, Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 berhasil mencatatkan kinerja positif kendati dalam masa pandemi. Adapun kinerja bisnis tahun 2021 antara lain, jumlah outsanding loan (OSL) sebesar Rp4,76 triliun, tercapai 88,15% dari target tahun 2021. Di tahun ini, Kanwil VIII Jakarta memiliki target OSL Rp5,73 triliun.

Dilihat dari sisi jumlah nasabah, hingga 2021 Kanwil VIII Jakarta 1 memiliki nasabah 1.668.272, jumlah tersebut tercapai 105,14% dari target 1.586.670. Dari jumlah tersebut, Kanwil VIII Jakarta 1 juga berkontribusi 8,88% total nasabah Pegadaian secara nasional yang mencapai 18 juta per 30 Juni 2021.

“(Secara nasional) jumlah nasabah Pegadaian tumbuh di atas 20 persen per tahun,” tutup Alim. (srv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button