Ekonomi

Hino Resmikan Hino Total Support Training Center

“Kami ingin melahirkan sebanyak mungkin duta keselamatan berkendara dari fasilitas ini, menyempurnakan apa yang sudah kami lakukan di bidang safety driving sejauh ini bersama pemerintah sehingga keselamatan berkendara menjadi sebuah budaya bangsa,” kata COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo.

Mulai Kembali Hino Safety Driving Competition

Pada tahun 2017 sampai 2019, HMSI sangat gencar mengkampanyekan keselamatan berkendara melalui gelaran Hino Safety Driving Competition (HSDC). Total ada 31 kali event di 23 kota besar di seluruh Indonesia yang Hino datangi untuk kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat. Total ada 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan yang ambil bagian dalam kegiatan ini.

Kegiatan HSDC ini diadakan terbagi menjadi dua bagian test. Hari pertama pengemudi mengikuti tes tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu-rambu lalu lintas. Setelah tes tertulis hari pertama, maka 10 perwakilan terbaik akan menjalani tes selanjutnya yaitu skill test dan inspection test. Pengemudi akan diuji keahliannya seperti melewati jalan zig-zag baik itu maju maupun mundur serta parkir mundur.

Akan tetapi dikarenakan merebaknya Pandemi Covid-19, maka kegiatan ini terhenti untuk sementara. Memasuki tahun 2022 dimana pandemi masih berlangsung, untuk itu Hino sedikit modifikasi event ini. Dimana Hino Safety Driving Competition digelar dengan memanfaatkan fitur Hino Telematics. Sehingga event digelar dengan nama Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) dan di laksanakan secara online. Fitur telematics dari Hino Connect yang dimanfaatkan dalam kompetisi ini adalah dengan menarik data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino sebagai penilaian dan juga bahan evaluasi.

Bagi pengemudi yang mengikuti kompetisi ini tentunya mereka dapat melihat sendiri dari hasil evaluasi score card apakah driver mengemudi dengan aman dan sesuai aturan. Karena jika driver mengemudi dengan baik dan aman, maka mereka akan mendapatkan poin score card yang bagus dan berpotensi menjadi pemenang selain tujuan utamanya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan. Sementara dari sisi pemilik bisnis, tentunya kegiatan ini melindungi bisnis operasional angkutan pengiriman barangnya lebih aman dan jauh dari kendala di jalan atau hal- hal yang merugikan perusahaan. HTSDC ini adalah salah satu bentuk Total Support Hino kepada konsumen setia dalam memperkenalkan kegunaan atau manfaat yang besar bagi bisnis dari penggunaan fitur Hino Connect Telematics.

“Dengan peserta yang mengetahui hasil penilaian mengemudi aman atau tidak dari data score card, tentunya ini menjadi bahan evaluasi bagi mereka dalam mengemudi. Karena mengemudi dengan aman dan sesuai aturan, selain dapat menjaga keamanan bagi diri sendiri, tentunya juga menjaga keamanan bagi orang lain di jalan,” tutup Santiko.(srv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button