Ekonomi

Bea Cukai Kunjungi Pelaku Usaha, Tinjau Proses Bisnis dan Berikan Asistensi di Bidang Kepabeanan

Kegiatan CVC kali ini dilaksanakan oleh Bea Cukai Sumbawa, Bea Cukai Bengkulu, dan Bea Cukai Wilayah Sumatera Utara. Di Sumbawa, Bea Cukai mengunjungi salah satu mitra utama (MITA) kepabeanan, PT Amman Mineral Nusa Tenggara. Dalam kunjungan tersebut, Bea Cukai berkesempatan melihat proses bisnis mulai dari proses penambangan, pengambilan sampel, hingga konsentrat tembaga siap untuk diekspor dalam bentuk curah serta kendala yang dihadapi PT AMNT selama melaksanakan kegiatan di bidang ekspor dan impor.

Sementara itu di Bengkulu, Bea Cukai mengunjungi PT Firman Ketaun yang bergerak di bidang penambangan batu bara. Sebagai bentuk pelaksanaan industrial assistance, Bea Cukai melaksanakan asistensi serta edukasi di bidang kepabeanan.

Bea Cukai Sumatera Utara juga mengunjungi salah satu kawasan berikat yaitu PT VVF Indonesia. Kunjungan yang dilakukan bersamaan dengan Bea Cukai Medan ini ditujukan untuk mengetahui lebih mendalam proses bisnis industri CPO dan turunannya serta peningkatan pengawasan dan pelayanan khususnya di bidang fasilitas kepabeanan.

Kunjungan juga dilaksanakan ke Bea Cukai Belawan dan Laboratorium Bea Cukai Medan untuk berkoordinasi terkait pengawasan dan pelayanan industri CPO dan turunannya khususnya yang berada di area Sumatera Utara. Tiga produk mentahan dari kelapa sawit yakni CPO (crude palm oil), CPKO (crude palm kenel oil) dan CNO (crude coconut oil). Sementara PT VVF Indonesia didominasi memproduksi CPKO.(ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button