Ekonomi

Wisma BCA Foresta Raih Greenship Existing Building Peringkat Platinum

dari Green Building Council Indonesia

Penerapan Green Building Wisma BCA Foresta memberikan manfaat secara ekologis, antara lain seperti mengurangi emisi karbon dengan konsep ruang terbuka, meningkatkan pencahayaan yang masuk, kualitas udara dan juga memberikan manfaat ekonomis karena dapat menurunkan biaya operasional dan biaya pemeliharaan.

Sertifikasi Greenship Platinum ini menjadi bentuk realisasi komitmen terhadap sejumlah pilar SDGs (Sustainable Development Goals) diantaranya: Pilar ke-6 air bersih dan sanitasi yang layak, Pilar ke-11 kota dan pemukiman yang berkelanjutan, dan Pilar ke-13 penanganan perubahan iklim

Pada kesempatan istimewa ini, BCA mengikuti sertifikasi untuk kategori existing building yang berfokus tidak hanya pada teknologi ramah lingkungan, tetapi juga fokus terhadap manajemen pengelolaan gedung.

GBCI merupakan organisasi independen yang berkomitmen penuh untuk pendidikan publik dalam menerapkan praktik terbaik lingkungan dan memfasilitasi transformasi berkelanjutan dari industri bangunan. Penilaian yang dilakukan oleh GBCI untuk kategori existing building meliputi beberapa aspek yaitu Appropriate Site Development, Energy Efficiency & Conservation, Water Conservation, Material Resource & Cycle, Indoor Health & Comfort dan Building Environment Management.

Rencana di tahun 2022, Gedung Wisma BCA Foresta akan menggunakan teknologi solar panel untuk menyelaraskan dengan pilar ke-7 SDGs yaitu energi bersih dan terjangkau. Selain itu, secara konsisten akan menghadirkan workshop berkaitan dengan pengelolaan green building dengan sejumlah materi seperti SOP dalam Building Energy Management, penjelasan strategi operasional dan maintenance untuk sejumlah sistem dan pembuatan sistem evaluasi performa gedung. Melalui berbagai program inisiatif ini, Wisma BCA Foresta diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi Investor untuk berinvestasi pada BCA dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan.

Sebagai tambahan informasi, BCA senantiasa mengedepankan nilai-nilai ESG ditandai dengan komitmen penyaluran kredit kepada sektor-sektor berkelanjutan yang naik 25,6 persen YoY menjadi Rp143,1 triliun per September 2021. Nilai ini berkontribusi 23,6 persen bagi total portofolio kredit, di antaranya mencakup pembiayaan kepada sektor UKM, pengelolaan sumber daya alam dan lahan yang berkelanjutan, dan energi terbarukan. Untuk Laporan Kinerja Keuangan BCA terupdate, kami akan sampaikan pada Paparan Kinerja Full Year 2021 yang akan dilaksanakan pada 27 Januari 2022 mendatang.

“Ke depan, BCA senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan program terkait Keuangan Berkelanjutan yang mengedepankan keselarasan antara aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup selaras dengan pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” tutup Frengky.(srv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button