Ekonomi

Jalin Sinergi dengan APH Lain, Bea Cukai Optimistis Tingkatkan Pengawasan

Selanjutnya, pada Selasa (18/1/2022), Bea Cukai Ambon bersama Kanwil Bea Cukai Maluku mengadakan kunjungan ke Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku. Selain untuk menjalin silaturahmi baik antar keduanya, kolaborasi antara Bea Cukai Maluku dan BNNP Maluku diharapkan dapat membantu peningkatan pemberantasan peredaran narkoba khususnya di wilayah Maluku.

Pada hari yang sama, Bea Cukai Juanda turut serta dalam Rapat Koordinasi Direktorat Kriminal Khusus Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur bersama Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dalam rangka sinergi penyidik Polri dan PPNS.

Hatta menjelaskan, penyidik memiliki peran penting dalam mengungkap sebuah permasalahan. Karena itu seorang penyidik harus memahami tugasnya dengan baik serta menjalankan fungsinya secara profesional dan proporsional.
“Tidak hanya melakukan koordinasi, rapat yang diikuti berbagai instansi ini juga memberikan pembinaan guna meningkatkan kemampuan PPNS dan Penyidik Polri sebagai korwas Penyidik,” tuturnya.

Sementara itu, mengawali tahun 2022, Bea Cukai Tanjung Emas bersama seluruh instansi yang bertugas di Pelabuhan Tanjung Emas, melakukan tanda tangani Pakta Integritas Unsur Maritim, Kamis (20/1/2022). Acara ini merupakan kesepakatan antar intansi maritim untuk menciptakan pengawasan dan pelayanan yang prima, bebas dari korupsi maupun pungutan liar di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas.

Kegiatan ini merupakan bentuk kesepakatan dan komitmen agar langkah serta strategi Bersama dapat terus diwujudkan. “Selain Pakta Integritas Unsur Maritim, pada 2021 lalu Bea Cukai Tanjung Emas juga turut menandatangani Deklarasikan Zona Integritas di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas bersama 16 Instansi terkait pakta integritas Anti Penyuapan, Tolak Pungli, Stop Gratifikasi dan Anti Korupsi dengan 6 komitmen yang telah disepakati,” tambahnya.

Hatta mengatakan, Bea Cukai akan senantiasa melakukan berbagai upaya dalam melakukan pengawasan terhadap masuk dan keluarnya barang. Selain itu, pihaknya akan berkomiten dalam mewujudkan lingkungan bisnis anti penyuapan dengan memastikan standar integritas, akuntabilitas dan profesionalisme tertinggi dalam menjalankan bisnis.(ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button