Ekonomi

Ini Langkah Bea Cukai Dukung Produk Lokal Rambah Pasar Global

Selanjutnya, bahas kesiapan ekspor komoditas pala milik PT Kamboti, Bea Cukai Ambon mengadakan kunjungan ke Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Provinsi Maluku, Jumat (07/01). Hatta mengatakan bahwa pertemuan ini dilaksanakan untuk melihat kesiapan seluruh instansi yang terlibat dalam proses ekspor.

“Dalam pertemuan tersebut dibahas terkait kelengkapan berkas ekspor PT Kamboti. Selain itu masih ada beberapa sertifikat yang belum dilengkapi, seperti sertifikat sanitasi hygiene. Kami melalui Bea Cukai Ambon menginisiasi untuk diadakan pertemuan selanjutnya yang dihadiri oleh instansi daerah terkait. Diharapkan dengan adanya koordinasi ini dapat memudahkan proses ekspor pala yang akan dikirimkan ke eropa nantinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Bea Cukai Cirebon menerima kunjungan dari Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Cirebon, pada Desember lalu. Dalam kunjungan tersebut SKIPM menyatakan kesiapannya dalam menjalin koordinasi dan sinergi ekspor. Selain itu juga dibahas agenda peningkatan ekspor khususnya produk perikanan di wilayah Cirebon.

Berita Terkait

Hatta menilai pertemuan ini adalah gagasan yang sangat baik, Bea Cukai sebagai institusi yang memiliki fungsi trade facilitator akan berupaya untuk menjalin sinergi baik dalam bidang perdagangan khususnya ekspor. “Sinergi Bea Cukai dalam peningkatan ekspor di bidang perikanan ini semoga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) khususnya, dan Indonesia pada umumnya.” pungkasnya.(ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button