Ekonomi

Minyak Naik di Asia, Dipicu Kekhawatiran Pasokan Saat Kazakhstan Rusuh

Protes diawali di wilayah barat yang kaya minyak di Kazakhstan, setelah batasan harga pada butana dan propana dihapus pada Hari Tahun Baru.

Baca Juga : Harga Minyak Ditutup Lebih Tinggi Meskipun Ada Kekhawatiran Omicron

Brent dan WTI berada di jalur untuk mencatat kenaikan 6,0 persen di minggu pertama tahun ini, dengan harga tertinggi sejak akhir November, karena kebingungan pasokan mengalahkan kebingungan bahwa penyebaran cepat varian virus corona Omicron dapat mengusik permintaan.

Penambahan pasokan dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak, Rusia dan sekutu, bersama-sama disebut OPEC+, tidak mengikuti pertumbuhan permintaan.

Produksi OPEC pada Desember naik 70.000 barel per hari dari bulan sebelumnya, jauh di bawah peningkatan 253.000 barel per hari yang diizinkan di bawah kesepakatan pasokan OPEC+, yang memulihkan produksi yang dipangkas pada 2020 ketika permintaan ambruk di bawah penguncian Covid-19.

Produksi di Libya telah turun menjadi 729.000 barel per hari dari tertinggi 1,3 juta barel per hari tahun lalu, sebagian karena pekerjaan pemeliharaan pipa. (gin)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button