Ekonomi

Pasokan Batu Bara untuk Dalam Negeri Dijamin

Saat ini, harga batu bara sedang mengalami kenaikan, sedangkan harga penjualan batu bara domestik dipatok pemerintah, sehingga pengusaha batu bara lebih memilih ekspor daripada pemenuhan domestik.

Namun, menurut Satya, sesuai UUD 45 Pasal 33, esensinya pemerintah mempunyai kewenangan menentukan harga pokok batu bara yang saat ini kebetulan jauh di bawah harga ekspor. Untuk itu, lanjutnya, Instruksi Presiden yang juga Ketua DEN mutlak dijalankan.

Ia juga menambahkan harga batu bara sangat menentukan biaya pokok produksi (BPP) listrik PT PLN (Persero).

Apabila, PLN membeli batu bara dengan harga ekspor saat ini, maka akan terjadi selisih yang tinggi dan menjadi beban negara.

Oleh karena itu, ia berharap PLN perlu memiliki perencanaan yang matang mengenai kebutuhan batu baranya, sehingga penyedia batu bara dapat memenuhi kebutuhan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Satya mengatakan perlu ada kerja sama antara pemerintah dan stakeholders termasuk pengusaha batu bara untuk dapat memenuhi kebutuhan domestik, khususnya untuk pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat.

“Perlu ada sikap willingness pengusaha batu bara untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Jangan sampai pemerintah melakukan sanksi pencabutan izin ekspor dan izin usaha pertambangan,” ujarnya.(mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button