Ekonomi

Dukung Penuh Pembangunan Ekonomi Daerah, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan Pemprov dan BPS

Mengutip sambutan Gubernur Sulawesi Barat, Hatta menyampaikan bahwa Pemprov Sulbar menyambut baik gerak cepat dan sinergi jajaran Bea Cukai dalam mendukung pemprov mengkolaborasikan unit-unit terkait, sehingga potensi yang besar dapat terstimulasi menjadi industri yang berorientasi ekspor.

“Harapan besar atas pembangunan Sulbar tercermin melalui pernyataan dan beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh perwakilan pemprov yang hadir dalam forum diskusi tersebut. Kami berharap kolaborasi seluruh unit mampu memberikan bukti nyata membangun ekonomi masyarakat Sulbar sebagai bagian dari pemulihan ekonomi nasional, melalui pengembangan komoditi yang diyakini punya daya saing dalam mendorong ekspor,” harapnya.

Selain menjalin sinergi dengan pemerintah daerah, Bea Cukai melalui Kanwil Bea Cukai Sumbagtim menggandeng BPS Sumsel dalam mendukung penguatan fungsi Sekretariat Bersama (Sekber) Kementerian Keuangan melalui pembentukan Portal Gedung Keuangan Negara (GKN), yang akan dilengkapi dengan data yang dapat dianalisis, sehingga membutuhkan data serta informasi yang aktual dan komperhensif.

“Pertemuan antara Kepala Kanwil Bea Cukai Sumbagtim, Sugeng Apriyanto dengan Kepala BPS Sumatera Selatan, Dr. Ir. Zulkipli, M.Si tersebut juga merupakan wujud sinergi, utamanya dalam mendukung program Satu Data Indonesia, terutama di wilayah Sumatera Selatan, yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Satu Data Indonesia merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antarinstansi pusat dan daerah,” tutup Hatta.(ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button