Ekonomi

Transaksi Perdagangan di Pasar Tanah Abang Meningkat

INDOPOSCO.ID – Pengelola Blok A Pasar Tanah Abang Jakarta Heri Supriyatna mengatakan pasar sudah mulai menggeliat dan terdapat peningkatan transaksi dagang sejak awal Desember 2021 karena salah satunya dipengaruhi momen menjelang bulan Ramadhan dan Idulfitri tahun 2022.

Menurut ia, ada peningkatan transaksi perdagangan antara pedagang dengan retailer dari daerah sebesar 75-80 persen di bulan Desember 2021 dibanding Desember 2020 terutama pada masa Natal dan Tahun Baru (nataru).

“Nataru tahun 2020 konsumen dan pedagang masih takut untuk melakukan berbelanja dan kebijakan-kebijakan pemerintah masing sangat ketat (sehingga) orang dari daerah masih sangat sulit untuk masuk ke Jakarta,” ucapnya ketika dihubungi Antara, Jakarta, Sabtu.

Di tahun 2022, walaupun ada kelonggaran kegiatan masyarakat, Heri menyatakan masih terdapat halangan dalam transaksi dagang karena berkurangnya konsumen potensial dari daerah yaitu para retailer.

Ia menganggap bahwa perdagangan di Tanah Abang sangat dipengaruhi kondisi perdagangan di daerah yang saat ini mengalami perlambatan ekonomi.

Begitu pula dengan konsumen dari berbagai negara di Asia Tenggara yang belum melakukan transaksi dagang di Pasar Tanah Abang, khususnya Malaysia.

Perihal ini diakibatkan kondisi di negara-negara tersebut belum stabil akibat terimbas pandemi Covid-19 dan adanya pembatasan pintu internasional.

“Retailer yang bertransaksi di Tanah Abang masih jauh dari kondisi normal (dibanding sebelum pandemi),” tutur ia.

Bila melihat kondisi terkini, pedagang yang telah beroperasi di Blok A telah mencapai 80 persen dengan estimasi rata-rata 7-9 ribu pengunjung per hari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button