Ekonomi

Kapasitas Petani Garam di Desa Devisa Kusamba Ditingkatkan

“Dengan mengikuti program ini, koperasi dan para petani dapat menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan keluarga dan membantu meningkatkan perekonomian daerah setempat,” tuturnya.

Baca Juga : LPEI Bantu Perluas Akses Pasar UKM Mamin ke Singapura dan Malaysia

LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan sesuai mandatnya melakukan percepatan peningkatan ekspor nasional, telah berhasil membangun potensi kawasan menjadi penghasil devisa melalui program Desa Devisa. Program yang dimulai sejak 2019 berawal dari Kluster Desa Devisa Kakao di Bali.

Kabupaten Jembrana menjadi Desa Devisa pertama dengan komoditas unggulan biji kakao yang difermentasi dan Desa Devisa Kerajinan di Bantul, Yogyakarta dengan produk kerajinannya yang unik dan ramah lingkungan. Saat ini kedua Desa Devisa ini telah mampu melakukan ekspor secara berkelanjutan ke negara-negara Eropa.

Peluang terbuka lebar bagi komoditas dan produk Indonesia bersaing di pasar global melalui program Desa Devisa sehingga mampu meningkatkan perekonomian kawasan, kesejahteraan bagi petani atau pelaku usaha dan juga kesetaraan gender. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button