Ekonomi

Kementan Didorong Produksi Bawang Putih

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin menyampaikan apresiasi terhadap jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) yang terus mendorong produksi bawang putih selama beberapa tahun terakhir. Bahkan Kementan dinilai berupaya keras mengurangi beban impor yang mencapai 507 ribu ton per tahun.

“Saya kira program di Kementan sudah sangat mendukung kinerja pemerintah, terutama dalam hal mengurangi impor. Tinggal bagaimana Kemendag, mau tidak berpihak terhadap petani. Mereka harus berani mengurangi impor dong,” ujar Andi, Senin (20/12/2021).

Andi mengatakan, sejauh yang dia pahami kebijakan impor memang bukan ranahnya Kementan. Kebijakan itu menurutnya ada di ranahnya Kementerian Perdagangan. Sementara Kementan hanya bertugas mendorong aspek budidaya sampai peningkatan kesejahteraan petani.

Baca Juga : Mentan SYL Perkuat Pengembangan Sampai Hilirisasi Komoditas Hortikultura

“Sejali lagi saya katakan urusan impor itu bukan urusan Kementan. Selama ini kan saya selalu bicara seperi itu. Kementan kita dorong untuk meningkatan produksi dan Kemendag kita harapkan mampu menekan impor,” katanya.

Tapi yang terjadi, lanjut Andi, sejak enam tahun lalu Cina sebagai produsen dan eksportir bawang putih terbesar di dunia, secara konsisten mengirimkan bawang putih ke Indonesia dalam jumlah yang sangat besar. Tahun 2015 jumlahnya mencapai 482 ribu ton, 2016 445 ribu ton, 2017 550 ribu ton, 2018 585 ribu ton, dan tahun 2019 sebesar 472 ribu ton.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button