Ekonomi

Agincourt Resources Tanam 3.500 Pohon di Tapanuli Selatan

Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Lebih lanjut, Christine Pepah merinci, 3.000 bibit pohon yang disediakan, merupakan tanaman lokal Tapanuli Selatan, yakni bibit pohon waru, pohon durian, dan petai hutan.

Tidak hanya melakukan penanaman pohon, bekerjasama dengan pemerintah desa, PTAR juga tengah mengusahakan pengembangan nursery bibit pohon endemik lokal di dua desa yakni Muara Hutaraja dan Hapesong Baru.

“Bibit-bibit dari nursery ini yang kemudian akan dilanjutkan perawatan dan distribusi penanamannya oleh Destana, agar menjangkau daerah-daerah yang membutuhkan di desa masing-masing. Nursery merupakan salah satu aspek penting keberhasilan program rehabilitasi serta merupakan salah satu upaya melestarikan tanaman endemik lokal Tapanuli Selatan yang sepenuhnya diolah oleh masyarakat,” ujar Christine.

Hari Menanam Pohon Indonesia ditetapkan oleh pemerintah Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2008. Penetapan ini dimaksudkan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Senior Manager Corporate Communications PTAR Katarina Siburian Hardono mengatakan, baik penanaman pohon maupunnursery yang ada di dalam dan luar tambang juga merupakan langkah untuk mendukung pemerintah Indonesia yang mendorong perusahaan pertambangan untuk memiliki nursery.

“Penanaman pohon yang kami lakukan juga sudah mempertimbangkan keragaman jenis, baik untuk tanaman penutup maupun tanaman lokal. Dengan berbagai jenis pohon, akan menghasilkan oksigen, dan seraman emisi yang maksimal. Keragaman pohon juga akan menghasilkan keberagaman hayati sehingga proses secara alamiah menjadi lebih kuat. Mari bersama menanam pohon, untuk melestarikan bumi,” tutur Katarina.

Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly P. Pasaribu mengapresiasi upaya PTAR untuk berkomitmen menjaga lingkungan di Batangtoru. Dolly berharap, kegiatan penanaman pohon pada hari ini dapat terus menjadi pengingat bagi masyarakat agar menjaga kelestarian lingkungan.

“Terima kasih kepada PTAR. Kami menilai kegiatan ini sangat baik, karena alam adalah pinjaman yang harus kita jaga, rawat, dan kembalikan,” kata Dolly. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button