Ekonomi

Ritel Berperan Penting Dukung Pertumbuhan Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Perdagangan ritel yang pada 2020 berjumlah 2.133 unit berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Besarnya jumlah ritel tersebut menunjukkan pentingnya peranan ritel dalam menunjang aktivitas perekonomian serta dalam pemenuhan kebutuhan konsumen,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam pembukaan acara Hari Ritel Nasional ke-2 secara virtual di Jakarta, Kamis (11/11).

Perdagangan besar dan eceran yang berawal dari kegiatan di pusat perbelanjaan dan toko swalayan, lanjut Airlangga, juga berfungsi penting sebagai akses pasar bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kemitraan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM sekaligus melakukan pembinaan terhadap branding, packaging, manajemen pemasaran, dan manajemen logistik, sehingga produk-produk UMKM bisa dikenal masyarakat dan sanggup bersaing.

“Kolaborasi yang telah terjalin antara pelaku UMKM dan ritel diharapkan juga dapat menciptakan lapangan usaha baru dan menyerap tenaga kerja,” ujar Airlangga, seperti dikutip Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button