Ekonomi

MESDM Terima Penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik 2021

Melalui SINERGI, pertukaran informasi untuk mereplikasi kisah sukses penerapan manajemen energi bisa dilakukan secara lebih efektif daripada masing-masing industri melakukan penelitian sendiri untuk menerapkan manajemen energi.

Nilai kebaruan dari aplikasi ini adalah seluruh instrumen penunjang dan informasi terkait manajemen energi tersebut dikemas secara lebih informatif yang terbuka dan bisa diakses oleh pihak-pihak berkepentingan sehingga akan mempercepat capaian penghematan energi dan penurunan emisi GRK.

Beberapa fitur yang terdapat dalam SINERGI, antara lain (1) Pelaporan Manajemen Energi, (2) Pelaporan Peralatan Hemat Energi, (3) Pedoman dan Standar Konservasi Energi, (4) Informasi Jasa Penunjang Konservasi Energi, (5) Kisah Sukses dan Best Practice, dan (6) Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi.

Selain itu, sejalan dengan meningkatnya kebutuhan energi dan pasar energi, SINERGI pun turut berperan serta dalam membangun usaha penunjang konservasi energi yang dirasa masih baru dan perlu untuk dikembangkan seperti Usaha Jasa Konservasi Energi / Energy Service Company (ESCO), profesional auditor energi dan manajer energi yang dapat dipekerjakan oleh industri, jasa pelatihan dan konsultan, serta Technology Provider.

Sebelum inovasi ini dikembangkan, capaian penghematan energi yang didapatkan pada tahun 2014 masih jauh dari yang ditargetkan, yaitu sebesar 120 GWh dari 23 Industri yang melaporkan. Berdasarkan hasil monitoring, pada tahun 2020, tercapai penghematan energi sebesar 63.315 GWh dengan tingkat partisipasi yang juga naik secara sigifikan yaitu sebanyak 242 industri. Angka tersebut setara dengan penurunan emisi GRK sebesar 18.214.373 Ton CO2.

Secara prestasi, inovasi ini berdampak pada kesuksesan para pelaku industri dalam mengikuti kompetisi efisiensi energi di tingkat regional dan internasional. Salah satu bukti konkritnya adalah Indonesia mengirimkan wakil dan setiap tahun berhasil menjuarai ASEAN Energy Award (AEA) dan Energy Management Leadership Awards dalam ajang Clean Energy Ministerial (CEM) yang diikuti negara-negara G20.

Keberadaan aplikasi ini mendapat apresiasi yang baik dari para pemangku kepentingan. Manfaat ini dirasakan langsung oleh pemerintah daerah dalam menjalankan tupoksinya. Sebagai contoh, Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Banten, dan Aceh menyampaikan keinginannya untuk mereplikasi aplikasi ini agar dapat digunakan di daerahnya. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button